Ternyata Programmer Lulusan Informatika Lebih Handal Daripada Programmer Otodidak

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

Programmer ialah  seseorang yang mengerti dalam bidang pemrograman (coding) dan balasannya bisa membuat sebuah aktivitas atau menyempurnakan suatu aktivitas yang nantinya bermanfaat bagi semua orang.

 seseorang yang mengerti dalam bidang pemrograman  Ternyata Programmer Lulusan Informatika Lebih Handal daripada Programmer Otodidak
(gambar oleh faculty.kutztown.edu)

Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan sahabat aku yang berkata "kenapa ya kog lulusan Informatika banyak yang biasa-biasa aja dalam hal progaming, nggak dimanfaatin gitu, eman-eman kan? Malah yang belajar sendiri yang andal dalam hal pemrograman".

Oke disini aku akan sedikit menjelaskan berdasarkan pengalaman aku yang belum usang ini juga mencoba bertanya tanya pada teman-teman yang sudah andal dalam bidang itu, baik belajar sendiri maupun yang sudah lulusan Teknik Informatika.

Menurut aku ketika ini jurusan yang paling banyak diminati selain dokter, yang kedua niscaya Informatika. Tapi entah itu memang ingin berguru dunia komputer ataupun cuman gaya gayaan + ikut-ikutan. Dunia komputer memang sangat menyenangkan untuk di pelajari, mengingat lulusan Teknik Informatika ini niscaya sudah memiliki teori + praktik untuk bekal yang cukup dalam hal coding. Tapi nyatanya ketika ini memang banyak para lulusan ini yang benar-benar tidak memanfaatkan skill nya. Kalau benar-benar dimanfaatin dengan sungguh-sungguh, wah niscaya deh tu jadi programmer handal.

Lainnya halnya untuk seseorang yang berguru belajar sendiri dalam dunia komputer, niscaya masih kekurangan teori, sebab programmer belajar sendiri cenderung pribadi praktek tanpa harus teori-teori dulu. Dan nyatanya tampaknya malah lebih andal daripada lulusan TI, Benarkah ? Yuk kita cek ...
Menurut survey aku ternyata anak Informatika, beberapa hanya sekedar ikut-ikutan, bahkan cuma ingin gelar S.kom, waduh parah banget tu orang (tidak semua lho), sedangkan seseorang belajar sendiri lebih ulet apa yang di inginkannya, disini berarti seseorang memang ingin belajar, hal ini kembali pada individu masing-masing yaitu memang talenta yang ingin di capai (wahh....). Makara disini benarkah fakta tersebut?

Banyak yang bilang bahwa anak jurusan TI masih ga bisa coding, (jangan sampe ya). Sedangkan kebanyakan seorang otodidak, sudah andal coding.


 seseorang yang mengerti dalam bidang pemrograman  Ternyata Programmer Lulusan Informatika Lebih Handal daripada Programmer Otodidak
(gambar oleh wallconvert.com)

Nah disini aku ingin meluruskan saja mengenai tragedi tersebut, jadi semoga gak salah paham juga perihal anak TI. Kita kembalikan lagi pada masing-masing individu, seorang programmer yang berguru belajar sendiri berarti disitu ia memiliki talenta dalam bidang tersebut dan terus mengasah kemampuannya. Berarti benar bahwa seorang belajar sendiri lebih di dorong oleh BAKAT yang ingin di capainya. Seorang belajar sendiri akan mampu  berpikir nalar perihal progaming dengan gampang sebab disini memang talenta dan kemauan yang beperan penting. Kalo gak talenta tidak akan menyerupai itu. Sementara untuk anak Informatika yang mungkin cuman asal asalan ga punya talenta ya niscaya kalah dengan seorang belajar sendiri yang niscaya berbakat. Sebaliknya kalau memang sungguh sungguh berguru di jurusan Informatika niscaya akan lebih hebat dari seorang otodidak.

Programmer lulusan Informatika seharusnya bisa membuat aktivitas yang efektif dan efisien. Kalau sebuah algoritma dibentuk sembarangan tentu tidak akan berjalan stabil. Disini TEORI berperan penting.

Secara umum tidak semua programmer lulusan Informatika kalah dengan seorang programmer otodidak. Pada dasarnya aku yakin, seharusnya niscaya lebih hebat programmer lulusan Informatika TAPI yang memang-memang BERBAKAT, dari pada seorang otodidak, sebab disini progammer lulusan Informatika sudah dibekali lebih banyak ilmu, apalagi kalau dikembangkan lebih jauh niscaya akan menjadi programmer sejati menyerupai Linus Torvald seorang Master Informatika.

*SEMUA KEMBALI PADA BAKAT INDIVIDU MASING-MASING*

Menurut kamu?

Sekian terima kasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel